Skip to main content

Tentang "Sukreni Gadis Bali"-nya Pandji Tisna

SUKRENI GADIS BALI
Karya A.A Pandji Tisna
SINOPSIS
Sebuah keluarga yang terdiri dari seorang ibu bernama Men Negara dan dua orang anaknya yang pertama bernama I Negara dan Ni Negari. Keluarga itu mempunyai sebuah kedai rumah makan sederhana yang di belakangnya terdapat sebuah kebun kelapa. Anaknya yang bernama Ni Negari memiliki paras cantik dan menawan mampu menarik perhatian para pemetik kelapa dan pelanggan lainnya untuk datang singgah di kedai tersebut. Di antara pengunjung kedai itu ada seorang bernama Ida Gde Swamba, merupakan pemilik perkebunan kelapa, yang menarik perhatian Men Negara dan Ni Negari karena mereka berkeinginan supaya Ni Negari dapat memikat hatinya.
Suatu hari datang seorang menteri polisi bernama I Gede Made Tusan dan mata-matanya bernama I Made Aseman. Men Negara ketahuan membuat kesalahan karena ia menyembelih babi tanpa menggunakan surat izin terlebih dahulu. Mulanya I Made Aseman berkeinginan agar Men Negara dipenjarakan di Singaraja lalu para pelanggan kedai itu nantinya dapat berpindah ke kedai milik kakak iparnya namun semua itu tak dapat terpenuhi karena I Gede Made Tusan telah terpikat lebih dulu pada paras dan senyum Ni Negari. Hingga pada suatu siang datang seorang gadis cantik bernama Ni Luh Sukreni. Ia datang kesana untuk mencari Ida Gde Swamba guna menyelesaikan urusan sengketa warisan dengan kakaknya, I Sangia, yang telah berpindah agama kristen. Kedatangannya diketahui oleh I Gede Made Tusan yang pada saat itu langsung terpikat pada Ni Luh Sukreni. Akhirnya pada kedatangannya yang kedua, Ni Luh Sukreni yang tandinya ingin mencari Ida Gde Swamba namun tak ada, disuruh lah ia menginap oleh Men Negara dan Ni Negari sembari menunggu kedatangan Ida Gde Swamba. Tanpa prasangka buruk ia mau menginap disana. Awalnya ia tidur bersama Ni Negari namun di tengah malam tanpa sadar datanglah I Gede Made Tusan yang memperkosanya saat itu. Semua itu sebenarnya adalah siasat jahat dari Men Negara dan I Gede Made Tusan. Pada pagi harinya Ni Luh Sukreni pergi dari kedai itu.Betapa terkejutnya Men Negara ketika mengetahui dari anaknya, I Negara, bahwa ternyata Ni Luh Sukreni adalah anak kandungnya sendiri. Namanya dahulu adalah Ni Widi dan diubah oleh mantan suaminya, I Nyoman Raka, menjadi Ni Luh Sukreni agar ibunya tak dapat mengetahuinya lagi.
Keadaan Ni Luh Sukreni begitu memilukan. Ia mengembara ke berbagai daerah karena ia malu atas kejadian itu. Sekarang ia tinggal bersama teman ayahnya bernama Pan Gumiarning yang mau menerimanya. Tak lama anaknya hasil dari perbuatan jahat I Gede Made Tusan pun lahir dan diberi nama I Gustam. Ida Gde Swamba pun menemui Ni Luh Sukreni berkat informasi dari I Gede Made Tusan. Ia berjanji akan membiayai anak Ni Luh Sukreni tersebut. Tak disangka I Gustam tumbuh dengan perangai yang buruk. Saat dewasa ia masuk penjara karena kasus pencurian. Di penjara ia malah belajar lebih banyak lagi tentang perampokan pada I Sintung yang merupakan seorang perampok kelas kakap. Setelah keluar dari penjara I Gustam dan komplotannya justru merencanakan aksi perampokan ke kedai Men Negara.
Namun aksi itu telah diketahui terlebih dulu oleh polisi yang diketuai I Made Tusan. Dalam peristiwa tersebut I Made Tusan tak mengetahui kalau lawannya adalah anaknya sendiri. Ia mengetahuinya terlambat dari teriakan I Made Aseman setelah I Gustam telah dibunuhnya dan akhirnya mereka mati terkapar berdua.
TANGGAPAN
Novel ini menyajikan suasana khas Bali. Latar tempatnya adalah Bali dengan segala adat istiadat yang melekat. Latar ini sangta fungsional karena mempengaruhi alur cerita. Nilai moral yang dapat dipetik adalah tentang keadilan yang harus ditegakkan, siapa pun itu, termasuk terhadap anggota keluarga dan orang terdekat.

Comments

Popular posts from this blog

SINOPSIS dan REVIEW NOVEL BURUNG-BURUNG MANYAR Karya Y.B Mangunwijaya

BURUNG-BURUNG MANYAR Karya Y.B Mangunwijaya SINOPSIS Sebuah kisah percintaan dari seorang tokoh bernama Setadewa atau kerap disebut Teto. Diceritakan bahwa Teto atau Satadewa adalah anak dari seorang kapten prajurit Berlanda (Brajabasuki) yang mempunyai hubungan dengan Larasati (Atik), yang juga anak seorang Tentara namun mempunyai darah keraton Surakarta. Hubungan keduanya sudah dimulai semenjak mereka kecil, karena keluarga mereka sudah saling mengenal. Suatu saat Jepang menguasai Indonesia. Ayah Teto, kapten Brajabasuki ditangkap Jepang. Sedangkan ibunya dijadikan gundik oleh salah satu tentara Jepang. Hal inilah yang lantas menyebabkan Teto benci kepada Jepang. Semenjak itu, Teto diasuh oleh keluarga Atik yang berdomisili di Jakarta. Mulai ada hubungan spesial antara Teto dan Atik karena mereka tinggal dalam satu rumah. Beranjak dewasa, Teto mendaftarkan diri menjadi tentara KNIL. Ia bertemu dengan mayor Vanbruggen yang dulu mencintai ibunya yang bernama Marice. Sementara,

SINOPSIS dan REVIEW NOVEL LINTANG KEMUKUS DINI HARI Karya Ahmad Tohari

LINTANG KEMUKUS DINI HARI Karya Ahmad Tohari SINOPSIS Lintang Kemukus Dini Hari merupakan buku kedua dari trilogi Ronggeng Dukuh Paruk. Dalam novel ini masih menggambarkan Dukuh Paruk yang tetap pada kemiskinan dan kebodohannya. Srintil dalam perjalanannya menjadi ronggeng tenar mengalami kesurutan. Hal ini dipicu oleh pertemuannya dengan Rasus yang mengecewakan. Lelaki yang diserahi keperawanannya sebelum melampaui ritual khusus untuk ronggeng, tidak menanggapi birahi dan cintanya, serta telah menampiknya. Rasus memang bercinta semalaman dengan perempuan milik Dukuh Paruk itu, tapi meninggalkannya tanpa pesan sebelum pagi datang. Srintil merasa kecewa dan harga dirinya diinjak-injak. Merasa benci karena di satu sisi ia dicampakkan lelaki yang dicintainya, dan di sisi lain takut kalau tak punya anak akibat ramuan dukun ronggeng, Nyai Kartareja, akhirnya Srintil mogok meronggeng setelah kepergian Rasus. Merasa frustrasi, ia jatuh sakit. Srintil menolak untuk makan. Tak ada obat

SINOPSIS dan REVIEW NOVEL SUKRENI GADIS BALI Karya A.A Pandji Tisna

SUKRENI GADIS BALI Karya A.A Pandji Tisna SINOPSIS Sebuah keluarga yang terdiri dari seorang ibu bernama Men Negara dan dua orang anaknya yang pertama bernama I Negara dan Ni Negari. Keluarga itu mempunyai sebuah kedai rumah makan sederhana yang di belakangnya terdapat sebuah kebun kelapa. Anaknya yang bernama Ni Negari memiliki paras cantik dan menawan mampu menarik perhatian para pemetik kelapa dan pelanggan lainnya untuk datang singgah di kedai tersebut. Di antara pengunjung kedai itu ada seorang bernama Ida Gde Swamba, merupakan pemilik perkebunan kelapa, yang menarik perhatian Men Negara dan Ni Negari karena mereka berkeinginan supaya Ni Negari dapat memikat hatinya. Suatu hari datang seorang menteri polisi bernama I Gede Made Tusan dan mata-matanya bernama I Made Aseman. Men Negara ketahuan membuat kesalahan karena ia menyembelih babi tanpa menggunakan surat izin terlebih dahulu. Mulanya I Made Aseman berkeinginan agar Men Negara dipenjarakan di Singaraja lalu para pelan