Skip to main content

SINOPSIS dan REVIEW NOVEL ANAK SEMUA BANGSA Karya Pramoedya Ananta Toer

ANAK SEMUA BANGSA
Karya Pramoedya Ananta Toer
SINOPSIS
Anak Semua Bangsa merupakan novel kedua dari tetralogi Buru. Annelis Mellema, istri Minke, meninggal saat akan dikirim ke Netherland. Mendengar kabar itu, Panji yang menjadi perawat Annelis sampai meninggal, dan Nyai Ontosoroh menenangkan Minke agar lepas dari dukacita. Kehidupan pun berjalan tanpa Annelis.
Jean Marais, seniman Perancis, meminta Minke untuk belajar bahasa Melayu agar bisa menulis dengan bahasa Melayu. Lalu suatu hari Minke disuruh mewawancarai seorang pemuda dari Cina yang tergabung dalam organisasi angkatan pemuda Cina yang bernama Khow Ah Soe. Perkenalannya dengan Khow Ah Soe adalah sebuah perkenalan yang penting dalam kehidupan Minke sendiri. Banyak cerita pergerakan kaum terpelajar yang ia dengar di luar negeri yang semakin membuatnya bersemangat. Perjuangan di Filipina, Cina, membuatnya termotivasi selain tentunya dari Revolusi Perancis yang ia kagumi. Ia bisa mengenal bahwa saatnya kehidupan kaum muda mulai bergerak dan membawa perubahan. Tapi saat surat kabar hasil wawancara yang ia lakukan bersama Khow Ah Soe terbit, sangat berbeda dengan hasil yang ia kerjakan. Hal ini menyadarkannya bahwa Eropa yang selama ini dibelanya, tidak sebaik yang ia pikirkan.
Masalah lain mulai bermunculan. Khow Ah Soe diburu polisi Hindia atas tuduhan penyelundupan ilegal. Akhirnya Khow Ah Soe dipersilakan tinggal bersama Minke dan sang mama. Tetapi tidak bertahan lama, Khow Ah Soe meninggal dunia atas penderitaan.
Kepercayaan Minke akan Belanda yang selama ini diagung-agungkan semakin pudar. Minke berusaha lebih mengenal bangsanya. Apalagi saat ia pergi dari Wonokromo dan tinggal sementara bersama petani bernama Trunodongso. Ia semakin mengenal kehidupan pribumi yang sengsara dengan kolong-kolong kolonialisme Belanda. Pertemuannya dengan Trunodongso membuat matanya semakin terbuka dengan kehidupan pribumi yang sangat terimpit akan adanya kolonialisme. Trunodongso adalah seorang petani yang memiliki beberapa anak dengan kehidupan yang sulit diakibatkan oleh pabrik gula pada masa itu. Tanah yang dimiliki oleh Trunodongso lama-lama berkurang karena digerus oleh perkebunan gula. Minke sempat tinggal bersama keluarga itu dan Minke dengan jelas melihat dan merasakan bagaimana kehidupan kolonial benar-benar membuat pribumi sulit dalam hidup. Minke menulis catatan mengenai keluarga ini dan berniat akan memuatnya dalam Koran SN/VD. Namun tulisan tersebut tidak sempat dipublikasikan karena itu jelas mengganggu kelangsungan pabrik gula. Selain itu, Koran SN/VD juga merupakan koran yang dibawahi oleh perusahaan gula.
Saat kembali bertemu sang mama di Wonokromo, Minke diberitahu bahwa ternyata Robert, anak lain mama, sudah meninggal dan memiliki anak dengan gadis bernama Minem. Kepulangan Minke juga tersambut dengan  datangnya Letnan kolonel Ir. Maurits Mallema, saudara tiri Annelis sekaligus pemegang perwaliannya. Selama ini warga tidak tahu bahwa Annelis ternyata dibunuh oleh saudara tirinya sendiri yaitu Maurits demi perebutan warisan, hak perkebunan dan peternakan. Seluruh warga mencerca Maurits, tetapi lelaki itu pergi meinggalkan rumah Minke dan Mama tanpa kejelasan.
TANGGAPAN
Pramoedya mengisahkan secara apik bagaimana pergolakan yang terjadi lewat tokoh Minke. Setelah pada Bumi Manusia adalah tahap penjajakan atas apa yang penjajahan dan kekaguman atas Eropa, dalam Anak Semua Bangsa ini, mengisahkan bagaimana Minke mendapatkan sebuah pengalamna yang ia lihat sendiri bagaimana kekuasaan kolonial yang begitu mengimpit kehidupan pribumi.
Secara keseluruhan, latar dan tokoh digambarkan dengan rinci. Latar fungsional karena mempengaruhi jalan cerita yang memang masih tentang zaman hindia belanda, kepercayaan yang lebih besar kepada bangsa eropa yang akhirnya beralih ke negara sendiri.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

SINOPSIS dan REVIEW NOVEL BURUNG-BURUNG MANYAR Karya Y.B Mangunwijaya

BURUNG-BURUNG MANYAR Karya Y.B Mangunwijaya SINOPSIS Sebuah kisah percintaan dari seorang tokoh bernama Setadewa atau kerap disebut Teto. Diceritakan bahwa Teto atau Satadewa adalah anak dari seorang kapten prajurit Berlanda (Brajabasuki) yang mempunyai hubungan dengan Larasati (Atik), yang juga anak seorang Tentara namun mempunyai darah keraton Surakarta. Hubungan keduanya sudah dimulai semenjak mereka kecil, karena keluarga mereka sudah saling mengenal. Suatu saat Jepang menguasai Indonesia. Ayah Teto, kapten Brajabasuki ditangkap Jepang. Sedangkan ibunya dijadikan gundik oleh salah satu tentara Jepang. Hal inilah yang lantas menyebabkan Teto benci kepada Jepang. Semenjak itu, Teto diasuh oleh keluarga Atik yang berdomisili di Jakarta. Mulai ada hubungan spesial antara Teto dan Atik karena mereka tinggal dalam satu rumah. Beranjak dewasa, Teto mendaftarkan diri menjadi tentara KNIL. Ia bertemu dengan mayor Vanbruggen yang dulu mencintai ibunya yang bernama Marice. Sementara,

SINOPSIS dan REVIEW NOVEL LINTANG KEMUKUS DINI HARI Karya Ahmad Tohari

LINTANG KEMUKUS DINI HARI Karya Ahmad Tohari SINOPSIS Lintang Kemukus Dini Hari merupakan buku kedua dari trilogi Ronggeng Dukuh Paruk. Dalam novel ini masih menggambarkan Dukuh Paruk yang tetap pada kemiskinan dan kebodohannya. Srintil dalam perjalanannya menjadi ronggeng tenar mengalami kesurutan. Hal ini dipicu oleh pertemuannya dengan Rasus yang mengecewakan. Lelaki yang diserahi keperawanannya sebelum melampaui ritual khusus untuk ronggeng, tidak menanggapi birahi dan cintanya, serta telah menampiknya. Rasus memang bercinta semalaman dengan perempuan milik Dukuh Paruk itu, tapi meninggalkannya tanpa pesan sebelum pagi datang. Srintil merasa kecewa dan harga dirinya diinjak-injak. Merasa benci karena di satu sisi ia dicampakkan lelaki yang dicintainya, dan di sisi lain takut kalau tak punya anak akibat ramuan dukun ronggeng, Nyai Kartareja, akhirnya Srintil mogok meronggeng setelah kepergian Rasus. Merasa frustrasi, ia jatuh sakit. Srintil menolak untuk makan. Tak ada obat

SINOPSIS dan REVIEW NOVEL SUKRENI GADIS BALI Karya A.A Pandji Tisna

SUKRENI GADIS BALI Karya A.A Pandji Tisna SINOPSIS Sebuah keluarga yang terdiri dari seorang ibu bernama Men Negara dan dua orang anaknya yang pertama bernama I Negara dan Ni Negari. Keluarga itu mempunyai sebuah kedai rumah makan sederhana yang di belakangnya terdapat sebuah kebun kelapa. Anaknya yang bernama Ni Negari memiliki paras cantik dan menawan mampu menarik perhatian para pemetik kelapa dan pelanggan lainnya untuk datang singgah di kedai tersebut. Di antara pengunjung kedai itu ada seorang bernama Ida Gde Swamba, merupakan pemilik perkebunan kelapa, yang menarik perhatian Men Negara dan Ni Negari karena mereka berkeinginan supaya Ni Negari dapat memikat hatinya. Suatu hari datang seorang menteri polisi bernama I Gede Made Tusan dan mata-matanya bernama I Made Aseman. Men Negara ketahuan membuat kesalahan karena ia menyembelih babi tanpa menggunakan surat izin terlebih dahulu. Mulanya I Made Aseman berkeinginan agar Men Negara dipenjarakan di Singaraja lalu para pelan